Marketing |Analisa 4P Brand: Nescafe White Coffee (My Big Fat Competitor)






Nescafe merupakan brand kopi dari nestle. Nestlé adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia. Nestle memiliki lebih dari 2000 merek mulai dari ikon global hingga favorit lokal, dan hadir di 191 negara di seluruh dunia. Tujuan Nestlé meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat. Sementara strategi Nestle yaitu  melalui peningkatan kualitas hidup dan berkontribusi pada masa depan yang lebih sehat, Nestle bertujuan untuk memberikan kinerja keuangan yang berkelanjutan, memimpin industri dan mendapatkan kepercayaan. Di Indonesia menurut Top Brand tahun 2019 fase 1, Nescafe menempati rangking 3 besar brand kopi. Produksi awal Nescafe di Swiss tahun 1938, tak lama dari itu popularistasnya naik dan diekspor ke penjuru dunia hingga Indonesia, namun kini Indonesia juga memiliki pabrik sendiri yang juga berasal dari kopi lokal. Salah satu pabriknya berada di Lampung dan juga menggunakan kopi robusta Lampung. 

Sementara, Nescafe Indonesia memiliki berbagai jenis varian,yang saya analisa kali ini adalah varian White Coffee merupakan kopi krim, otentik dan aromatik yang seimbang dengan lapisan busa yang kaya. Sementara dalam situs Hello Sehat nama white coffee memang diambil dari warna kopinya yang pucat, tidak pekat seperti kopi hitam. Namun, tak seperti dugaan banyak orang, kopi putih dihasilkan dari biji kopi biasa yang warnanya bukan putih. Warna putih dari white coffee didapat dari campuran susu kental saat kopi disajikan. Berat bersih produk ini yaitu 200ml dengan komposisi air, gula, krimer nabati (mengandung protein susu), kopi bubuk instan (0.7%), pengemulsi nabati, pengatur keasaman, perisa identik alami susu dan kopi, penstabil, garam, pemanis buatan asesulfam-k. Nescafe white coffe memiliki karefin yang rendah. Rasa pahit tidak berasa, rasa kopinya dikit seperti lebih banyak krimer dengan aroma yang harum. Kekentalan cairannya pas jadi tidak 'enek' dan tidak juga encer. 

Produk ini dapat ditemukan di minimarket, supermarket dan di warung kecil. Karena brand ini sudah terkenal senior, maka permintaan pasar yang tinggi juga membuat warung kecilpun dapat menjualnya. Karena Nescafe international brand dan konsisten membuat iklan, walaupun dijual di pasar atau warung kecil tidak terkesan murahan. Dari iklan yang dibuat, sasaran produk ini bagi anak muda karena menggunakan model anak muda, suasanyanya festive dan iklannya menggambarkan dapat dinikmati kapan saja. Seperti taglinenya yaitu "It all starts with a Nescafe White Coffee". Sebagian orang berpendapat minum kopi di pagi hari membuat perut sakit, atau beberapa orang memang tidak bisa minum kopi tapi produk ini seolah mematahkan argumen itu bahwa  produk ini beda dan dapat dinikmati kapan saja dan siapa saja. Packaging yang terbuat dari kertas seolah lebih ramah lingkungan, tetapi dengan itu memang hanya  bisa dinikmati saat dingin. Sementara, warna packaginya yang berupa coklat muda cenderung soft menggambarkan kopi ini tidak bold atau tidak memiliki banyak kafein sehingga lebih ramah untuk dinikmati semua kalangan dan kapan saja. Design yang simple mengesankan ellegant dan mudah dinikmati karena tidak banyak elemen design yang membuat tidak fokus.


Saya beli di Lawson dengan harga Rp 6.000 rupiah, tetapi di warung kecil bisa dengan harga Rp 5.000,- . Dengan harga segitu dan dengan brand yang mendunia, yang konsisten menampilkan iklan ,dengan kualitas kopi terbaik, pabrik yang menggunakan teknologi tinggi dan tingkat higienis yang ketat,  produk ini bisa dibilang murah. Promosi yang dilakukan tidak hanya dari iklan tv, tetapi juga di instagram dan bahkan di channel youtube berupa vlog. Sebenarnya untuk iklan Nescafe Whitte Coffe iklannya tidak begitu banyak, karena memang varian nescafe yang sangat banyak membuat nescafe tidak fokus mengiklankan hanya satu varian. Nescafe selalu menampilan iklan walau selalu berbeda varian. Beberapa kali Nescafe mengundang youtuber untuk datang ke pabriknya dan membuat vlog untuk memastikan bahwa proses produksinya berkualitas tinggi. Selama ini Nescafe mamang konsisten selalu menggunakan model usia muda karena mungkin ingin menunjukkan produk ini selalu mengikuti jaman.

Sementara di situs resmi Nescafe Indonesia, strategi mereka yaitu membantu pencinta kopi di mana pun. Jadi, Nescafe membuat the NESCAFÉ Plan. Ini adalah cara untuk membantu para petani kopi agar hidup lebih baik; mendukung komunitas lokal; menginspirasi generasi petani berikutnya; dan melakukan semua ini tanpa merusak planet. Ini adalah perjalanan yang panjang, namun Nescafe memiliki peta jalan dan sedang menempuh perjalanan ini.

Komentar

Postingan Populer