DKV Review - Altoids 1998



Product
Altoids – Peppermint Breath Mints
Company Name
Leo Burnett Chicago
Purpose
Untuk membuat presepsi bahwa permen Altoids ini memiliki rasa mint yang sangat kuat dengan diilustrasikan dengan pria
bertubuh kekar yang senyum lebar.
Target Audience
Pria Dewasa. Usia 21th – 35th
Image
Seorang pria dewasa yang memiliki badan berotot berdiri tegap menghadap depan dengan pose kaki V hanya menggunakan celana dalam sehingga memperlihatkan badan  kekarnya berpose dengan kedua tangan
Copy
The curiously stong mints
Slogan
”Nice Altoids”
Logo
 

Primary Features
Color                
Warna yang digunakan pada iklan ini berasal dari packaging Altoids. 

Orang berwarna hitam putih agar orang lebih fokus melihat. Altoids yang dipegang model tersebut dengan warna merah putihnya.

Background warna hijau. Permukaan background yang luas membuat warna hijau dominan. Warna ini seperti menggambarkan daun mint yang kuat. Daun mint ini berasal dari packaging Altoids.

Slogan yang menggunakan warna merah membuat orang langsung tertuju kepada tulisan itu, sehingga menjadi emphasis. 
Warna merah ini berasal dari packaging Altoids.


Line
Jika di zoom sebenarnya terdapat ornamen garis yang digunakan pada packaging tersebut. 
Medium
Print / Paper
Scale
Ukuran produk permen tersebut sangat kecil dibandingkan tubuh model, luas bidang dan tulisan. Namun slogan yang besar dan on point dapat membantu produk itu terlihat.
Shape
Bidang kerja yang digunakan persegi panjang. 
Space    
Space dalam iklan ini lumayan banyak. Banyak ruang kosong yang sengaja tidak diisi hal ini agar orang dapat lebih fokus ke pesan yang ingin disampaikan melalui orang dan sedikit keterangan tulisan.
Texture
Dari highlight yang ada di badan model mengesankan permukaan yang licin dan mengkilap.
Font
Font yang digunakan San Serif agar tidak terkesan kaku. Font yang bold juga membuat kesan iklan tersebut kuat dan tegas. Outline putih pada font dapat membuat efek font terlihat menonjol sehingga terlihat tulisan ini penting.

Font pada copy hanya menggunakan outline hitam karena bukan tulisan yang paling penting. Agar yang penting lebih menonjol dibanding copy.



Secondary Features
Balance
Centering. Semua elemen pada iklan tersebut berada di tengah sehingga seimbang.
Composition   
Komposinya seimbang karena semua berada di tengah atau balance.
Contrast
Warna: Warna merah menjadi kontras karena hanya satu-satunya  warna cerah yang digunakan.
Dominance 
Warna hijau yang menjadi dominan karena banyak ruang yang digunakan.
Variety
Pada iklan ini variety yang digunakan hanya bentuk font, yaitu font copy dan slogan.



Referensi  

Komentar

Postingan Populer