Copywriting| Analisa Copywriting Barang: Iklan 3 Always On (Bebas itu nyata)









Dengan banyaknya variasi paket internet yang disediakan, pelanggan internet seringkali bingung menentukan pilihan yang banyak untungnya. Bahkan satu provider dapat mengeluarkan puluhan paket berbeda. Pelangganpun mencari paket dengan harga murah dan terpenting bebas akses situs manapun tanpa batasan kuota dan waktu. Saat ini, setiap hal tidak bisa lepas dari internet mulai dari bersosialisasi, pekerjaan, produktifitas dan hiburan. Waktu akses merekapun terbilang tinggi sehingga membutuhkan paket data yang besar atau unlimited. Hadirlah iklan 3 “Bebas itu nyata” untuk menjawab kebingungan pelanggan internet menentukan paket dengan layanan bebas akses ke 10 situs paling popular di Indonesia selama 6 bulan atau 12 bulan (tergantung paket) dan kuota data tambahan untuk mengakses situs lain. Sementara saat iklan ini tayang memang semua paket internet akan menarik kuota data untuk situs apapun.



Iklan ini tentang arti kebebasan yang dikaitkan dengan anak muda. Karena memang target pasarnya anak muda dimana tingkat penggunaanya paling tinggi. Dalam iklan ini model merupakan anak muda, degan versi model iklan cowo dan cewe ,dengan latar lokasi yang sering dikunjungi anak muda, efek suara, dan cerita yang relate dengan kebebasan anak muda yang sebenarnya tidak sebebas itu. Dalam versi cewe diceritakan bahwa ‘jadi anak cewe bebas berekspresi tapi selama rok masih dibawah lutut’, lalu di digambarkan model tersebut ada disebuah tempat hiburan dengan narasi ‘mumpung masih muda nikati sepuasnya tapi jangan lewat dari jam 12 malam’ . Sementara dalam versi cowo ‘katanya jadi laki-laki jangan pernah takut gagal tapi juga jangan bodoh ambil resiko’ , ‘katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tangan asalkan dari keluarga terpandang gak cuma cantik tapi juga santun’. Dengan ending narasi yang sama ‘katanya jaman sekarang pilihan itu gak ada batasnya, selama ikutin pilihan yang ada. Always on kini kebabasan semakin nyata’. Iklan ini mengambil cerita arti kebebasan yang relate dengan masalah anak muda agar iklan ini dapat masuk ke frekuensi target pasar. Sehingga tujuan iklan ini menyadarkan bahwa tidak ada kebebasan yang benar-benar bebas di dunia ini, seperti pasal 28 J (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat namun faktanya banyak orang di Indonesia terjerat kasus karena berpendapat.Maka dari itu iklan ini mengajarkan bahwa kebebasan itu hanya ketika kita memilih pilihan yang ada yaitu memilih paket 3 always on dapat tercapai.

Komentar

Postingan Populer