MEDIA : Iklan Iconic (Tidak Bisa Digantikan Iklan Lain)
Red Bull minuman energi yang dijual oleh perusahaan swasta Austria Red Bull GmbH, didirikan pada tahun 1987. Saat ini merupakan minuman energi paling populer di dunia, menjual 5,2 miliar kaleng pada tahun 2012. Saat ini, Red Bull tersedia di lebih dari 165 negara dan lebih dari 35 miliar kaleng telah dikonsumsi sejauh ini. Orang-orang mengenali perusahaan Red Bull atas tekad mereka untuk mensponsori acara dan orang-orang di seluruh dunia, termasuk anak perusahaan seperti tim sepak bola profesional New York Red Bulls. Moto perusahaan mereka yaitu "Give You Wings" yang bermakna tentang bagaimana minuman ini dapat mengubah hidup seseorang.
Perbedaan Red Bull dan Krating Daeng:
Jika dibedakan dari segi bentuk kemasannya, terdapat perbedaan yang sangat berbeda. Untuk Krating Daeng memiliki bentuk kemasan berupa botol kaca yang memiliki isi bersih 125 ml. Sedangkan Red Bull memiliki kemasan berupa kaleng.Krating Daeng memiliki rasa yang lebih alami dikarenakan Krating Daeng menggunakan resep asli dari Thailand dan tidak diproses dengan karbonasi seperti Red Bull.Red Bull memiliki kadar kafein lebih tinggi daripada Krating Daeng dikarenakan Red bull diproses dengan proses karbonasi.
Red Bull adalah sebuah brand energy drink austria yang dijual oleh Red Bull GmbH dan hanya beredar di Eropa, Amerika, dan sebagian Asia. Produk ini dibuat dan dikembangkan pada tahun 1987 oleh Dietrich Mateschitz. Red Bull adalah energy drink yang paling terkenal di dunia, namun tahukah agan-agan ttg sejarah red bull? Pada tahun 1982 Dietrich Mateschitz berkunjung ke thailand. Saat itu dia terkena jet lag, dia kemudian membeli sebuah minuman yg bernama Kratingdaeng dan menyadari bahwa jet lag-nya sembuh stlh mengkonsumsi minuman tersebut. Antara tahun 84-87, ia bekerja sama dgn suatu perusahaan utk mengembangkan dan mengadaptasi serta menjual Kratingdaeng di Eropa dengan nama Red Bull. namun untuk menghindari penjiplakan, ia juga bekerja sama dengan pembuat kratingdaeng, dan mendirikan Red Bull GmbH. sekarang mereka berdua adalah salah satu dari 300 orang terkaya di dunia.
Kratingdaeng adalah brand energy drink thailand yang sudah ditemukan jauh sebelum red bull beredar. Kratingdaeng awalnya dibuat khusus untuk para pekerja, thai boxer, dan para petani juga peternak. Kratingdaeng biasanya dikemas dalam botol atau kaleng emas yg cukup besar. Kratingdaeng bisa dibeli di negara-negara ASEAN, australia, selandia baru, swedia, dan austria. Kadang juga bisa ditemukan di Jepang dan China. Di Austria sendiri, kratingdaeng di kenal sebagai Old Redbull atau Thai Redbull. Resepnya sendiri terinspirasi dari Lipovitan(Jepang) & Bacchus F(Korsel).
Product Review
Red Bull diklasifikasikan sebagai minuman ringan. Ini adalah minuman stimulus non-alkohol dengan formulasi yang benar-benar eksklusif, terdiri dari dua zat alami dan pemancar metabolisme penting seperti asam amino, taurin dan glukuronolakton selain itu juga merangsang kafein, vitamin, dan karbohidrat. Kandungannya memberi stimulasi dan merevitalisasi tubuh setelah tubuh melakukan banyak pekerjaan dan mengaktifkan kinerja manusia baik secara mental maupun fisik.
Red Bull sebenarnya beda dengan Krating Daeng . Harga Red Bull di Indonesia yaitu sekitar Rp 20.000,- sementara Krating Daeng sekitar Rp 10.000,-. Biasanya akan lebih mudah menemukan Krating Daeng dibanding Red Bull.
Red Bull sebenarnya beda dengan Krating Daeng . Harga Red Bull di Indonesia yaitu sekitar Rp 20.000,- sementara Krating Daeng sekitar Rp 10.000,-. Biasanya akan lebih mudah menemukan Krating Daeng dibanding Red Bull.
Company Review
Misi Red Bull adalah untuk menjadi produk yang mendunia. Mereka berkembang pesat ke pasar global. Mereka ingin mempertahankan nilai-nilai Red Bull,yaitu memberikan layanan pelanggan yang lebih berkualitas dengan cara yang sangat berpengalaman dan komersial. Hal ini selalu ditunjukkan Red Bull yang selalu men-support event petualangan ekstrem untuk menunjukkan bahwa produk ini memang terbukti miningkatkan stamina tubuh.
Target Audience
Target Audience Red Bull adalah laki-laki muda dari berbagai negara yang memiliki bakat berhubungan dengan tantangan di alam , dengan rentang usia 18-35 tahun dan iklan Red Bull bernuansa maskulin karena melibatkan para tokoh yang melakukan olahraga ekstrem tingkat tinggi. Karena pria pecinta tantangan selalu ingin menguji batas mereka maka Red Bull membuat minuman berenergi yang memungkinkan pria melakukan olahraga dan aktivitas sesuai dengan passion mereka.
Sementara jika Krating Daeng target marketnya adalah para pekerja berat/outdoor ataupun buruh.
Ditinjau dari rasa, harga dan kandungannya pun mereka berbeda.
Kerjasama Red Bull
Red Bull juga bekerjasama dengan berbagai pihak tujuannya agar mereka saling menguntungkan, beberapa diantaranya yaitu:
a. Go Pro : Go Pro merupakan perusahaan kamera yang memiliki spesifikasi kamera outdoor, sehingga dapat menyuport kegiatan Red Bull.
b. Honda : dalam ajang F1 Honda dan Red Bull bekerjasama sejak December 2019. Tak heran F1 memiliki jutaan penggemar dari berbagai dunia, sehingga Red Bull juga dapat promosi.
c. Burton US Open : Sebuah event perlombaan ski, ini sesuai dengan Red Bull karena minuman berenergi.
d. Puma : Perusahaan sport wear
d.Adidas : Perusahaan sport wear
e.Kia : Perusahaan otomotif yang juga dapat mensupport event outdoor Red Bull
f. NASA: lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Nasa membantu terselenggaranya percobaan terjun dari luar angkasa bersama Red Bull.
Target Audience
Target Audience Red Bull adalah laki-laki muda dari berbagai negara yang memiliki bakat berhubungan dengan tantangan di alam , dengan rentang usia 18-35 tahun dan iklan Red Bull bernuansa maskulin karena melibatkan para tokoh yang melakukan olahraga ekstrem tingkat tinggi. Karena pria pecinta tantangan selalu ingin menguji batas mereka maka Red Bull membuat minuman berenergi yang memungkinkan pria melakukan olahraga dan aktivitas sesuai dengan passion mereka.
Sementara jika Krating Daeng target marketnya adalah para pekerja berat/outdoor ataupun buruh.
Ditinjau dari rasa, harga dan kandungannya pun mereka berbeda.
Kerjasama Red Bull
Red Bull juga bekerjasama dengan berbagai pihak tujuannya agar mereka saling menguntungkan, beberapa diantaranya yaitu:
a. Go Pro : Go Pro merupakan perusahaan kamera yang memiliki spesifikasi kamera outdoor, sehingga dapat menyuport kegiatan Red Bull.
b. Honda : dalam ajang F1 Honda dan Red Bull bekerjasama sejak December 2019. Tak heran F1 memiliki jutaan penggemar dari berbagai dunia, sehingga Red Bull juga dapat promosi.
c. Burton US Open : Sebuah event perlombaan ski, ini sesuai dengan Red Bull karena minuman berenergi.
d. Puma : Perusahaan sport wear
d.Adidas : Perusahaan sport wear
e.Kia : Perusahaan otomotif yang juga dapat mensupport event outdoor Red Bull
f. NASA: lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Nasa membantu terselenggaranya percobaan terjun dari luar angkasa bersama Red Bull.
Red Bull Competitor
Jika dibandingkan dengan competitor Red Bull ada beberapa perbedaan yaitu
a. Extra Joss : Dari target marketnya extra joss untuk buruh lepas, dari harganya juga sangat murah hanya sekitar Rp 2000,- untuk kemasan saset.
b.M 150 : Target market M150 masih orang-orang yang kerja keras di lapangan tapi juga bukan buruh. Dari harganya ada di antara Red Bull dan Extra Joss yaitu Rp 4.000,-.
c.Monster : Rasa dan kandungannya mirip dengan Red Bull. Kuantitas mereka 16 oz sementara Red Bull hanya 8.3 oz untuk kemasan sama. Dan harga yang 11,12.
c.Monster : Rasa dan kandungannya mirip dengan Red Bull. Kuantitas mereka 16 oz sementara Red Bull hanya 8.3 oz untuk kemasan sama. Dan harga yang 11,12.
Ads Review
Sebenarnya bukan hanya Red Bull yang melakukan pendekatan dengan kegiatan yang menantang. Banyak iklan rokok yang juga memiliki pendektan serupa.
Tapi sebenarnya beda, perbedaan ini membuat audience akan dapat lebih menaruh kepercayaan dengan Red Bull. Berikuta adalah perbedaanya:
Iklan Red Bull:
a. Iklan yang dibuat Red Bull biasanya lebih dari satu menit
b. Iklan Red Bull bercerita
c. Iklan Red Bull mengguanakan tokoh asli
d. Ikan yang konsisten dibuat Red Bull selalu diangkat dari event yang dibuat atau disupport Red Bull
bukan kegiatan yang hanya dibuat sekedar kepentingan iklan
Ikla Rokok :
a. Iklan rokok biasanya maksimal hanya 1 menit
b. Dengan illustrasi atau visualisasi singkat (tidak bercerita dengan jelas).
c. Kegiatan petualangan yang ada di iklan rokok hanya dibuat sekedar kepentingan iklan
Sebenarnya bukan hanya Red Bull yang melakukan pendekatan dengan kegiatan yang menantang. Banyak iklan rokok yang juga memiliki pendektan serupa.
Tapi sebenarnya beda, perbedaan ini membuat audience akan dapat lebih menaruh kepercayaan dengan Red Bull. Berikuta adalah perbedaanya:
Iklan Red Bull:
a. Iklan yang dibuat Red Bull biasanya lebih dari satu menit
b. Iklan Red Bull bercerita
c. Iklan Red Bull mengguanakan tokoh asli
d. Ikan yang konsisten dibuat Red Bull selalu diangkat dari event yang dibuat atau disupport Red Bull
bukan kegiatan yang hanya dibuat sekedar kepentingan iklan
Ikla Rokok :
a. Iklan rokok biasanya maksimal hanya 1 menit
b. Dengan illustrasi atau visualisasi singkat (tidak bercerita dengan jelas).
c. Kegiatan petualangan yang ada di iklan rokok hanya dibuat sekedar kepentingan iklan
Iklan yang dibuat Red Bull selalu memperlihatkan berbagai orang melakukan olahraga dan aktivitas ekstrem. Iklan dimulai dengan adegan yang dimulai seperti di atas - gelombang laut, Grand Canyon, puncak gunung bersalju, gunung berbatu. Kemudian ada juga para atlet yang melakukan squirrel suit wing ,melompat dari tebing, mengemudi mobil balap, drifting, arung jeram ekstrem, surfer yang melompat dan berputar di atas ombak, pemain ski terbang melalui udara, dan lompatan Felix Baumgartner dari stratosfer. Iklan tersebut memotivasi orang dengan dengan menunjukkan sifat manusia yang ingin dieksplorasi. Untuk menemukan garis Anda dan melampaui itu. Krena, satu-satunya batasan adalah kita yang tentukan sendiri. Iklan Red Bull selalu bermakna bahwa minuman ini akan memberi energi dan motivasi untuk melakukan hal luar biasa.
Red Bull selalu berhasil membuat iklan yang menginterpretasikn visi perusahaan mereka yaitu "Give You Wings" untuk orang-orang yang berbakat dan kreatif dalam olahraga serta budaya. Iklan Red Bull dibuat untuk memacu kemungkinan orang-orang ini untuk menantang batasan mereka dan menguji yang tidak mungkin atau melampaui batasan mereka. Iklan Red Bull selalu berhasil membangkitkan emosi yang kuat dengan pilihan lagu yang menginspirasi, illustrasi gambar yang diambil secara estetis dengan kamera teknologi tinggi oleh juru kamera berpengalaman, visual dari bentang alam yang berbeda di dunia, dan diikuiti oleh orang-orang yang expert menaklukan situs-situs di berbagai daerah dengan keahlian (drifting, diving, sky diving dan lain sebagainya) mereka.
Dengan itu iklan Red Bull memunculkan perasaan harapan pada pemirsa bahwa mereka juga dapat menjelajahi dunia dan dapat mencapai tujuan mereka. Pada scene tertentu dibuat slow motion sehingga adegan tersebut dapat benar-benar meresap kuat dalam pikiran dan jiwa penonton. Diiringi musik dan narator yang relate dengan kejadian, penonton dibuat haru,bungkam dan tersentuh oleh iklan audio visual yang kuat. Pada bagian akhir video Red Bull selalu menyorot atribut atau produk Red Bull yang mengisyaratkan minuman energi ini dapat memberi orang kekuatan dan konsentrasi untuk melampaui batasan dan melakukan hal-hal luar biasa yang tak terbayangkan di Bumi yang indah ini.
Karena keberhasilan yang luar biasa dari dari marketingnya, itulah alasan saya memutuskan memilih Red Bull untuk mencari rahasia di balik kesuksesan iklannya. Salah satu iklan tergilanya yaitu lompat dari luar angkasa, seperti ini:
Iklan lain Red Bull yang sukses mengesankan banyak orang bisa dilihat di youtube Red Bull:
Red Bull selalu berhasil membuat iklan yang menginterpretasikn visi perusahaan mereka yaitu "Give You Wings" untuk orang-orang yang berbakat dan kreatif dalam olahraga serta budaya. Iklan Red Bull dibuat untuk memacu kemungkinan orang-orang ini untuk menantang batasan mereka dan menguji yang tidak mungkin atau melampaui batasan mereka. Iklan Red Bull selalu berhasil membangkitkan emosi yang kuat dengan pilihan lagu yang menginspirasi, illustrasi gambar yang diambil secara estetis dengan kamera teknologi tinggi oleh juru kamera berpengalaman, visual dari bentang alam yang berbeda di dunia, dan diikuiti oleh orang-orang yang expert menaklukan situs-situs di berbagai daerah dengan keahlian (drifting, diving, sky diving dan lain sebagainya) mereka.
Dengan itu iklan Red Bull memunculkan perasaan harapan pada pemirsa bahwa mereka juga dapat menjelajahi dunia dan dapat mencapai tujuan mereka. Pada scene tertentu dibuat slow motion sehingga adegan tersebut dapat benar-benar meresap kuat dalam pikiran dan jiwa penonton. Diiringi musik dan narator yang relate dengan kejadian, penonton dibuat haru,bungkam dan tersentuh oleh iklan audio visual yang kuat. Pada bagian akhir video Red Bull selalu menyorot atribut atau produk Red Bull yang mengisyaratkan minuman energi ini dapat memberi orang kekuatan dan konsentrasi untuk melampaui batasan dan melakukan hal-hal luar biasa yang tak terbayangkan di Bumi yang indah ini.
Karena keberhasilan yang luar biasa dari dari marketingnya, itulah alasan saya memutuskan memilih Red Bull untuk mencari rahasia di balik kesuksesan iklannya. Salah satu iklan tergilanya yaitu lompat dari luar angkasa, seperti ini:
Iklan lain Red Bull yang sukses mengesankan banyak orang bisa dilihat di youtube Red Bull:
KESIMPULAN
Jadi kesimpulannya mengapa hanya Red Bull yang hanya bisa memiliki iklan seperti Red Bull saat ini yaitu:
a. Atraksi di Iklan Red Bull paling berani dan selalu menjadi yang paling ekstrem
a. Atraksi di Iklan Red Bull paling berani dan selalu menjadi yang paling ekstrem
b. Kerjasama event outdoor yang disupport Red Bull lebih banyak dibandingkan produk minuman beneregi, minuman bersoda ataupun soft drink lain.
c. Teknologi dalam pembuatan setiap atraksi yang Red Bull mulai dari perlengkapan, alat-alat yang digunakan dan perlengkapan dokumentasi merupakan yang paling canggih pada setiap masanya. Ini karena Red Bull bekerja sama dengan berbagai pihak dan brand besar.
d.Red Bull selalu sukses merebut perhatian pasar karena setiap kontenya dapat mengolah atraksi,cinematography, musik dan tokoh yang expert dan narasi yang dapat menjadi kesatuan yang mengagumkan. Hal ini dibuktikan dengan setiap video Red Bull dilihat lebih banyak daripada produk lain dan youtube Red Bull memiliki subscribers paling banyak dibandingkan minuman lain yaitu 8.000.000 subscribers.
Komentar
Posting Komentar